Cara Servis / Memperbaiki Tie Rod dan Ball Joint

Mechanic Onlines - Cara Servis / Memperbaiki Tie Rod dan Ball Joint - Tie Rod ( Terot ) dan Ball Joint ( Boljoin ) salah satu komponen alat kemudi dan kaki pada Mobil. kedua alat ini di beberapa Mobil ada yang bebas perawatan dan ada juga yang harus rutin diberikan Stempet / grease/ gemuk. ciri Tie Rod ( Terot ) dan Ball Joint ( Boljoin ) yang harus rutin diberikan gemuk adalah terdapap lubang-lubang niple pada komponen tersebut. pada kendaraan kecil biasanya tidak terdapat niple pada terot dan boljoin nya namun pada kendaraan berat itu pasti ada.

Ciri Tie Rod dan Ball Joint Rusak


Tie Rod dan Ball Joint bisa aus atau rusak seiring dengan usia pakai kendaraan dan medan yang sehari-hari dilalui. semakin buruk kualitas jalan yang sering dilalui maka akan semakin cepat komponen ini aus atau oblak. ciri dari Tie Rod Rusak adalah jarak bebas / speeling stir panjang. dan jika dipacu pada kecepatan tinggi di jalanan mulus maka setir akan bergetar. pada Ball Joint rusak bisa terlihat posisi ban tidak tegak lurus alias miring. dan jika menginjak lubang akan membanting atau berbunyi.

Kondisi Tie Rod dan Ball Joint rusak itu bisa membahayakan karena mengingat itu adalah komponen pada sistem kemudi. nah untuk memperbaiki Tie Rod dan Ball Joint itu anda harus Membuka Tie Rod dan Ball Joint dan menggantinya kemudian men - Spooring kembali roda kendaraan. namun jika anda tidak ingin menggantinya anda bisa mengakalinya sebelum melakukan penggantian. caranya sbb.

Memperbaiki dan Mengakali Tie Rod dan Ball Joint

  • Anda Buka Tie Rod dan Ball Joint menggunakan alat Khusus membuka tierod atau dengan cara lainnya.
  • lepas karet Boot pada Tie Rod dan Ball Joint
  • kemudian pukul bagian ini seperti di gambar dengan alat seperti di gambar.
  • Atau anda lakukan cara kedua dengan mengganti plastik bantalan di dalamnya. buka seperti petunjuk di gambar berikut kemudian laskan plt melingkar umtuk nanti di klemkan pada penutup karena kalo di las kembali plastik akan meleleh.

Kedua cara tadi bisa anda lakukan jika tidak ingin mengganti baru karena beberapa alasan seperti tidak tersedianya sparepart di daerah anda atau lainnya. dan setelah melakukan perbaikan pada tie rod dan ball joint, anda harus men spooring roda kendaraan tersebut untuk mengatur kembali keselarasan atau kelurusan roda-roda tersebut. terimakasih atas kunjungan anda di blog saya ini, dan semoga Cara Servis / Memperbaiki Tie Rod dan Ball Joint bermanfaat untuk anda.

Cara Servis / Memperbaiki Tie Rod dan Ball Joint Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia