Cara Kerja Sistem EFI / Injection

Mechanic Onlines - Cara Kerja Sistem EFI / InjectionSistem Injection atau injeksi adalah bahasa yang lebih dikenal oleh orang umum,  nama sebenarnya dari sistem injeksi pada mesin baik mobil atau sepeda motor adalah EFI, EFI itu sendiri adalah sebuah kata singkatan dari Electronic Fuel Injection. sebuah sistem penyemprotan bahan bakar yang dalam kerjanya dikontrol secara elektronik. Dalam kehidupan sehari hari nama EFI telah dipakai oleh merk Toyota, sedangkan merk lain mempunyai nama nama yang berbeda, akan tetapi prinsip dari semua sistem tersebut adalah sama. beberapa nama untuk sistem injeksi adaalah PGM-FI, dan YMJET-FI dan masih banyak lagi.

Pada sistem Injection terdapat beberapa komponen kontrol yang saling berhubungan dan bermuara pada control unit ( ECU ) sebagai kontrol elektronik yang mengatur atau sebagai otak pada sistem injection. berikut ini kontrol atau komponen dalam sistem EFI.

Tipe System EFI

Cara Kerja Sistem EFI / Injection
  • Tipe L-EFI
Dalam sistem L-EFI, airflow meter langsung mengukur jumlah udara yang mengalir melalui intake manipold sehingga data yang dihasilkan lebih akurat. Dewasa ini, pada kendaraan EFI tipe L-EFI lebih banyak digunakan.
  • Tipe D-EFI
Pada tipe EFI ini Pengukuran udara yang masuk diukur berdasarkan tekanan dalam intake maniFold.

Komponen Kontrol Sistem EFI

  • ECU (electronic control unit)
ECU ( Electronic Control Unit ) adalah perangkat elektronik cerdas yang mampu mengolah beberapa masukan data dari sensor-sensor untuk memberikan keluaran/aksi yang tepat dalam rangka meningkatka kualitas pembakaran. ECU mampu menghitung/memperkirakan masa udara yang masuk, menentukan waktu pengapian, menentukan masa bensin yang harus dikeluarkan, memberikan sinyal indikator/kerusakan dll.
  • Fuel pump
Fuel pump atau pompa bensin adalah pompa bensin yang bertugas menjaga tekanan bensin sesuai dengan yang ditentukan
  • Fuel Filter 
Fuel Filter atau saringan bensin pada pompa bahanbakar sistem EFI umumnya menempel langsung di pompa bahanbakar / Fuel Pump yang berada di dalam tangki bensin.
  • Injector dan Discharge pump
- Injector adalah alat untuk menginjeksikan dan mengabutkan bahan bakar ke dalam ruang bakar.
- Discharge pump merupakan bagian dari injector yang berfungsi mengendalikan tekanan dalam injector, Discharge pump bekerja dengan cara mengalirkan sebagian bensin bertekanan kembali ke tangki atau banyak orang menyebutnya ablas.
  • Throttle body
Throttle body adalah pintu masuk nya udara menuju silinder atau ruang bakar. udara yang masuk kondisinya diukur oleh IAT dan IAP. dan besarnya volume udara yang masuk ditentukan oleh besarnya sudut TPS.
  • IAP, IAT  dan TPS
- IAP (intake air pressure sensor) adalah sensor yang berfungsi mengukur tekanan udara yang masuk
- IAT (intake air temperature sensor) adalah sensor yang berfungsi mengukur suhu udara yang
-TPS (throttle position sensor) adalah sensor yang berfungsi mengukur derajat bukaan klep kupu2 pada Throttle body
  • Bypass valve
Bypass valve adalah klep/katup yang mengatur jumlah volume udara yang masuk saat kondisi idle/stasioner
  • Fuel Cut sensor
sensor yang yang berfungsi untuk mematikan ECU saat motor terjatuh atau pada sudut kemiringan tertentu.
  • ETS ( Engine temperature sensor )
ETS ( Engine temperature sensor ) adalah sensor yang berguna untuk mengetahui suhu mesin. data keadaan tempratur suhu mesin dibutuhkan ecu untuk fungsi engine management seperti  menghidupkan cuk otomatis saat mesin dingin yang dilakukan oleh perintah ECU.
  • Oksigen sensor
Sensor o2 ini adalah sensor yang mendeteksi kandungan o2 yang tersisa dari gas buang yang mengiformasikan kualitas pembakaran ke ECU.
  • Crankshaft position sensor
Crankshaft position sensor ini adalah sensor yang paling fital, sensor yang satu ini yang memberikan informasi sudut putaran crankshaft/engine, yang menentukan semua periode kerja dari ECU.

Sekian tentang Cara Kerja Sistem EFI / Injection dan semoga dapat bermanfaat untuk anda seta terimakasih atas kunjungan anda. sumber : http://motogokil.com/

Cara Kerja Sistem EFI / Injection Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia