Fungsi / Gejala / Tanda Kopling Mobil dan Motor Aus Atau Tipis

Mechanic Onlines - Kopling adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan dua poros pada kedua ujungnya dengan tujuan untuk mentransmisikan daya mekanis. ( Wikipedia ). Kopling atau Clutch dalam inggris adalah peralatan transmisi yang menghubungkan mesin ( poros engkol ) dengan Persneling atau Transmisi ( poros roda gigi transmisi ). Fungsi Dari kopling adalah untuk memindahkan dan memutus tenaga mesin ke transmisi.

Dalam keadaan Pedal Kopling tidak di injak ( Mobil ) atau handle kopling tidak di tarik ( sepeda motor) kopling berfungsi sebagai penghubung untuk menyalurkan daya antara mesin dan transmisi. sedangkan pada saat Pedal Kopling di injak ( Mobil ) atau handle kopling di tarik ( sepeda motor) Kopling berfungsi untuk memutus hubungan antara mesin dan transmisi.

Fungsi / Gejala / Tanda Kopling Mobil dan Motor Aus Atau Tipis
gambar dari otogembel.wordpress.com
Cara kerja kopling pada kopling manual adalah ketika Pedal Kopling di injak ( Mobil ) atau handle kopling di tarik ( sepeda motor) maka gaya tekan itu akan mendorong release fork dan release bearing ( drek laher ). release bearing akan mendorong Matahari kopling ( dekrup / Cover clutch ) yang membuat kanfas kopling atau plat kopling akan terlepas bebas diantara ( didalam ) cover clucth dan roda gila ( gendeng ) dan kondisi ini akan membuat putaran mesin terputus dengan transmisi.

Gejala / Tanda Kopling Rusak / Aus Atau Tipis


Kopling tipis akan menyababkan kopling slip / selip. kondisi ini akan menyebabkan kendaraan seperti kurang bertenaga. untuk mengetahui gejala yang timbul ketika kopling selip, kita tidak usah membuka transmisi jika malas. kita bisa mengeceknya, karena pada dasarnya itu akan terasa ketika mengendarai kendaraan tersebut. Berikut adalah  gejala Kopling Mobil dan Sepeda Motor rusak / aus / tipis.

- Mobil
  • Tercium bau gosong ketika melewati medan tanjakan.
  • Mesin serasa meraung tapi hentakan tenaga kurang.
  • Kopling terasa agak berat ketika di injak.
  • Ketika menekan gas secara spontan hentakan tenaga tidak dan mesin serasa mengaung.
Ada Cara mengecek kopling tanpa membuka transmisi yang bisa anda lakukan, namun cara berikut ini jangan dilakukan terlalu sering karena efeknya akan membuat kopling cepat habis. lakukan ketika anda mencurigai jika kopling sudah tipis. caranya adalah anda anda tarik rem tangan atau ganjal roda menggunakan balok yang agak besar. hidupkan mesin masukin gigi ( kalo saya biasa masukin gigi 3 ) pilih 2 atau 3. lepas kopling sambil injak gas seperti biasa anda akan melaju. jika mesin mati akibat beban berat tandanya kopling bagus. dan jika mesin terus hidup itu tanda kopling selip yang mungkin akibat kopling tipis. kenapa mungkin, karena bisa akibat dari yang lain. contohnya dekrup rusak atau drek laher macet.

- Sepeda Motor.
  • Pada sepeda motor pasti akan sangat terasa ketika anda oper gigi dan memutar grip gas secara spontan mesin akan mengaung tapi motor tidak menghentak. ini tanda plat kopling tipis.
Namun point di atas itu tidak sepenuhnya mengindikasi kanfas kopling tipis. karena kopling slip bisa juga diakibatkan oleh kerusakan dekrup / Clutch Cover ( Mobil ) dan Pegas Kopling / Per kopling ( Sepeda Motor.

sekian tentang Gejala / Tanda Kopling Mobil dan Motor Aus Atau Tipis dan semoga ini bermanfaat untuk anda. dan terimakasih atas kunjungan anda. bila berkenan silahkan tinggalkan komentar.

Fungsi / Gejala / Tanda Kopling Mobil dan Motor Aus Atau Tipis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia