Cara Kerja, Merawat & Efek Mencabut Thermostat Pada Mesin

Mechanic Onlines - Fungsi Thermostat Pada Mesin adalah untuk mempertahankan temperatur kerja mesin dengan membuka dan menutup saluran air radiator sesuai temperatur yang tertera pada bodi thermostat. Pada umumnya temperature dimana mesin bisa bekerja optimal berkisar antara 80-90°C dan fungsi thermostat inilah yang menjaga suhu mesin tetap pada temperature optimal mesin dengan cara membuka dan menutup saluran pendingin. 

Thermostat akan menutup dikala suhu mesin masih dingin, bertujuan untuk supaya mesin cepat meraih suhu kerja optimal. Saat mesin masih dingin sirkulasi air pendingin hanya terjadi didalam mesin saja, tanpa melalui radiator karena Thermostat menutup jadi air yang harusnya mengalir kedalam radiator tertutup oleh thermostat dan akan melewati saluran bypass untuk kembali bersirkulasi kedalam mesin. dan Thermostat akan membuka untuk mengalirkan cairan pendingin ke sistem pendingin ( Radiator ) ketika suhu mesin panas. dan begitu seterusnya sehingga suhu mesin tetap terjaga selalu pada suhu kerja optimal.

Efek Buruk Mencabut Thermostat


Banyak yang beranggapan jika mesin ingin dingin, bisa dilakukan dengan mencabut atau melepas thermostat. apakah ini benar. menurut saya, jika anda menginginkan mesin menjadi lebih dingin bisa jadi itu benar. dan memang banyak yang ketika thermostat dicabut, mesin jadi lebih dingin. tapi apakah ada kerugianya, jawabnya pasti ada. apa itu, berikut ini.


Mencabut thermostat adalah tindakan yang salah, efeknya mesin akan memakan waktu cukup lama untuk mencapai suhu kerjanya, bahkan bukan tidak mungkin tidak pernah mencapai suhu kerja yang ideal. yang sudah barang tentu berakibat Suhu mesin pun menjadi tidak stabil. dengan tidak tercapainya suhu kerja optimal maka akan menyebabkan boros BBM.

Cara Merawat Thermostat

  1. Kuras dan ganti cairan pendingin Secara Teratur. 
  2. Gunakan cairan pendingin yang bagus atau rekomendasi pabrik.
  3. Hindari air ledeng dan air sumur, ini bisa menyebabkan karat dan kerak.
  4. Ganti tutup radiator setiap 4-5 tahun.
  5. Ganti Thermostat setiap 5 tahun.
  6. Rutin memeriksa Kipas radiator terutama untuk yang elektrik. kipas radiator akan bekerja ketika suhu mesin panas dan mati saat dingin.
Perawatan pada Thermostat ini penting mengingat yang bisa terjadi jika Thermostat ini macet adalah Overheating. salah satu kerusakan pada thermostat adalah macet karena kerak yang biasa diakibatkan oleh cairan pendingin yang buruk. makanya jangan biarkan kualitas cairan pendingin menyebabkan mesin anda rusak akibat overheat.

Sekian tentang Seputar Cara Kerja dan Merawat Thermostat Pada Mesin semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Cara Kerja, Merawat & Efek Mencabut Thermostat Pada Mesin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia