Cara Merawat Dan Menyetel Rantai

Mechanic Onlines - Rantai merupakan komponen pentransfer tenaga yang banyak orang sepelekan. jarang sekali pengendara motor yang memperhatikan rantai roda, padahal rantai yang tidak terawat rawan melar dan berisik paling parah jika melar bisa lepas, bayangkan jika rantai lepas dalam kecepatan tinggi dan nyangkol bisa menyebabkan kecelakaan serius.

Rantai juga memerlukan perhatian khusus sesudah tersiram air hujan, sebenarnya rantai perlu di bersihkan serta di oleskan pelumas lagi. bila sampai berkarat, rantai dapat mudah putus. ada jenis sepeda motor yang rantainya di lengkapi sistem pelumasan serta ada juga yang perlu di lumasi dengan manual. Untuk pelumasan rantai jangan menggunakan oli bekas, gunakanlah cairan khusus pelumas rantai atau ( Chain Lube ) atau oli baru.

CARA MERAWAT DAN MENYETEL RANTAI
Cara Merawat Dan Menyetel Rantai

Cara merawat rantai roda sepeda motor adalah dengan menjaga rantai selalu terlumasi, kerenggangan yang direkomendasikan dan selalu bersih dari kotoran. cara melumasi dan menyetel rantai dilakukan dengan cara berikut ini.

  • Cara Melumasi Rantai
cara melumaskan oli yakni memarkirkan motor dengan standar ganda lantas putar rodanya serta teteskan oli mesin sedikit untuk sedikit. bila menggunakan gemuk, usapkan merata pada rantai sembari memutar roda dengan perlahan. demikian juga dengan cairan spesial yang tinggal di semprotkan di bagian gir saja. 

  • Cara Menyetel Kerenggangan Rantai
sesudah pelumasan di kerjakan, setel kelenturan rantai. ini untuk menghindar supaya rantai tidak terlampau tegang yang dapat menyebabkan putus waktu melaju. juga supaya tidak terlalu kendur yang dapat bikin rantai terlepas dari sproket. rantai yang lepas bisa mengakibatkan kecelakaan serius, karena rantai dapat terjepit di lengan ayun serta menghentikan putaran roda dengan mendadak. 


jarak kelenturan rantai yang di anjurkan yaitu sentimeter. cara menyetelnya yaitu cari dimana posisi rantai sangat tegang pada rantai sisi bagian atas, lantas angkat rantai di bagian bawah. untuk menyesuaikannya, cukup mengendurkan baut poros as belakang serta mengatur posisi kelenturan melewati tanda yang ada di ke-2 segi. sesudah jaraknya sama, kencangkan baut poros as tadi. 



Sekian Cara Merawat Dan Menyetel Rantai, semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Cara Merawat Dan Menyetel Rantai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia