Cara Desain Lift dan Durasi Camshaft / Noken As

Mechanic Onlines - Cara Kerja Camshaft / Noken As - Camshaft atau banyak orang sebut Noken As adalah komponen pada mesin yang mengatur buka tutup klep dengan cara mendorong pltuk yang menekan batang katup atau klep. pada mesin 4 tak noken as sering disebut juga sebagai kunci pada korek mesin. Ketika mengorek mesin maka sudah pasti merubah desain noken as dengan melakukan penghitungan ulang Durasi dan Lift Max Noken As / Camshaft. 

Cara Desain Lift dan Durasi Camshaft / Noken As

  • Lift Max
Untuk motor standart, Lift Max adalah 23% dari diameter katup in. dan untuk motor balap dengan track sirkuit yang tidak terlalu panjang, Lift Max sekitar 29% - 31% dari diameter klep in. Untuk balap dengan sirkuit panjang, Lift Max dapat dibuat hingga 35% dari diameter katup.

  • Durasi
Cara menghitung durasi terdapat beberapa cara dan berikut salah satu cara yang bisa dilakukan.

angka LC (lobe center) pada noken as adalah hal yang pertama harus kita ketahui untuk memodifikasi noken as tersebut. Untuk mengetahui LC, kita harus memasang noken as pada mesin dan mengukur dengan busur derajat yang dipasang pada kruk as sebelah kiri /magnet. atau lihat gambar 

Sebagai contoh : LC PADA JUPITER Z : 103 jika kita menginginkan durasi 310 derajat. maka derajat in open dan derajat in close ?

Cara Desain Lift dan Durasi Camshaft / Noken As
Perhitungan Untuk Mencari in close :

310 - 180 - 52 = 78

Dri perhitungan di atas, untuk LC 103 dan durasi yang di inginkan 301 maka In Open 52 dan In Close 78 setelah TMB.

Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Cara Desain Lift dan Durasi Camshaft / Noken As Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia