Pemeriksaan Dan Penggantian Saat Perawatan Berkala Kendaraan

Pemeriksaan Dan Penggantian Saat Perawatan Berkala Kendaraan


Mechanic Onlines - Pemeriksaan Dan Penggantian Saat Perawatan Berkala Kendaraan - Perawatan kendaraan mutlak dilakuykan pada kendaraan baik baru maupun lawas agar kondisi kendaran baik itu mesin dan seluruh bagian komponen kendaraan selalu dalam kondisi yang baik dan prima. Maka dari itu ada prosedur Perawatan berkala pada kendaraan. nah apa saja dan berapa lama umur komponen pasda mesin mari kita simak di bawah ini.

Pemeriksaan Dan Penggantian Saat Perawatan Berkala Kendaraan


Pemeriksaan Dan Penggantian Saat Perawatan Berkala Kendaraan

  • oli mesin butuh diganti tiap-tiap 5. 000 km
    Penggantian oli mesin atau pelumas mesin memang tidak sama rekomendasinya bagi tiap mobil atau pabrikan. contoh untuk mobil baru sekarang ini yang merekomendasikan jarak 10. 000 km untuk interval penggantian oli mesinnya. memang sebaiknya mengikuti rekomendasi pada buku petunjuk. Gunakan oli juga yang sesuai rekomendasi atau sesuai spesifikasi yang di rekomendasikan. untuk filter oli, lakukan penggantian tiap-tiap 10. 000 km.
    • oli komponen penggerak ( drive train ) butuh diganti tiap-tiap 10. 000 km 

    1. Oli diferensial atau gardan butuh diganti tiap-tiap 10. 000 km, untuk oli transmisi manual
    2. oli diganti tiap-tiap 10. 000 km, cermati spesifikasi olinya dikarenakan ada oli transmisi yang memakai oli yang sama juga dengan oli diferensial namun ada sebagian transmisi manual yang menggunakan oli yang tingkat kekentalannya sama juga dengan oli mesin, apalagi ada transmisi manual yang diharuskan memakai oli transmisi otomatis, lantas jangan sampai salah memakai oli.
    3. transmisi otomatis, menguras serta ganti oli di area yang mempunyai alat spesial penguras oli transmisi otomatis tiap-tiap 25. 000 km.
    • air radiator juga butuh diganti tiap-tiap 20. 000 km 
    pakai cairan pendingin radiator atau radiator coolant siap digunakan agar tidak repot mencampurkan lagi. disamping itu pendingin type ini membuat perlindungan radiator serta mesin kita dari korosi. jauhi pemakaian air tanah, air ledeng maupun air mineral dikarenakan bisa menyebabkan berlangsungnya korosi.
    • menguras dan ganti minyak rem tiap-tiap 20. 000 km 
    pakai minyak rem yang sesuai spesifikasi mobil. cermati juga situasi sepatu rem serta kanvas rem mobil kita.
    • filter udara, filter bahan bakar diganti tiap-tiap 20. 000 km. 
    filter udara serta filter bahan bakar, kedua komponen penyaring ini lakaukan penggantian tiap-tiap 20. 000 km agar performa mobil terus terjaga, filter bahan bakar serta udara yang kotor dapat mengakibatkan tenaga mobil tidak maksimal.
    • timing belt serta drive belt diganti tiap-tiap 50. 000 km
    untuk mobil yang menggunakan timing belt, ganti tiap-tiap 50. 000 km, jangan anggap sepele jika sampai putus waktu mesin bekerja akan membuat mesin jebol. tulis waktu penggantiannya agar kita ketahui kapan waktu penggantian selanjutnya. untuk drive belt atau tali kipas, ganti setiap 30. 000 km.

    Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

    Pemeriksaan Dan Penggantian Saat Perawatan Berkala Kendaraan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia