Rumus Hitung CC Mesin dan Perbandingan Kompresi

Mechanic Onlines - Rumus Hitung CC Mesin dan Perbandingan Kompresi - Sobat semua sudah tahu dari mana angka kapasitas CC mesin sepeda motor sobat di dapat. kapasitas mesin yang ditulis dengan satuan CC didapat dari penghitungan besar diameter piston dan langkah piston atau stroke. nah bagi anda yang sedang mencari rumusan untuk menghitung CC mesin dan perbandingan kompresi, berikut ini rumusanya.

Rumus Hitung CC Mesin dan Perbandingan Kompresi


Rumus Hitung CC Mesin :

Rumus Hitung CC Mesin dan Perbandingan KompresiKapasitas mesin (displacement) dengan satuan (V) adalah menghitung sebuah volume yang didapat dari perbindahan piston dari TMB menuju TMA, dimana untuk menghitung volume tersebut, bisa dihitung dengan sebuah rumus :

V = ∏ x (DxD)  x L x N
                   4

Ket :

D : Diameter silinder (Bore)

L : Langkah (Stroke)

∏ : Rumus absolute sebuah lingkaran (3.14)

N : Jumlah silinder

Contoh : Sebuah motor memiliki langkah 42 mm (4.2 cm) dan diameter cylinder 56mm (5.6 cm) berapakah kapasitas / cc dari mesin tersebut…?

Jawab :

Rumus dasar : V = ∏ x D2 x Lx N
                                           4                   

V =  3.14 x (5.6 x 5.6) x 4.2 x 1
                         4

V =  413.576
              4

V = 103. 394 cc

Nah dari hitung hitungan diatas maka motor yang memiliki langkah 42mm dan diameter cylinder 56mm, kapasitas / cc nya adalah “103.394 cc”


Rumus Perbandingan Kompresi 

Perbandingan kompresi adalah perbandingan volume silinder dengan volume kompresinya. Perbandingan kompresi berkaitan dengan volume langkah.
Bila dinyatakan dalam suatu rumus maka:

E=Vs+Vc/Vc

Keterangan:
* E = perbandingan kompresi
* Vs = volume silinder
* Vc = Volume ruang bakar

Besarnya perbandingan kompresi untuk sepeda motor jenis touring berkisar antara 8 : 1 dan 9 : 1. ini artinya selama langkah kompresi muatan yang ada di atas piston di mampatkan 8 kali lipat dari volume terakhirnya. Dari rumus diatas tentu kita harus mencari Volume Silinder dan Volume Ruang bakar. maka rumusnya.

Volume Ruang Bakar

Volume ruang bakar adalah volume dari ruangan yang terbentuk antara kepala silinder (squish) dan kepala piston yang mencapai TMA. Dilambangkan dengan Vc (Volume compressi). 

cara menghitung Volume ruang bakar saya pernah baca ada cara mudah namun mesti hati2. cara menghitungnya dengan menempatkan piston di TMA dan masukan cairan (saya kurang tahu jenis cairannya namun yang pasti tidak menimbulkan karat ) dari lubang busi pakai bekas suntikan. tinggal hitung berapa cc cairan yang masuk hingga penuh. namun tentunya mesin harus dilepas dari rangka agar lubang busi bisa menghadap posisi atas.

Volume Silinder

Volume silinder adalah jumlah total dari pertambahan antara volume langkah dengan volume ruang bakar. 
Dan rumusnya :

Vs = Vl + Vc

Keterangan:
* Vs= Volume silinder (cc)
* Vl = Volume langkah (cc)
* Vc= Volume ruang bakar (cc)

Langkah menghitung angka volume silinder juga bisa dilakukan dengan langkah mudah seperti mengukur Volume Ruang bakar, hanya bedanya posisi piston di TMB.

Semoga Rumus Hitung CC Mesin dan Perbandingan Kompresi bermanfaat dan selamat mencoba berhitung, maaf tidak ada contoh untuk menghitungnya karena saya sendiri puyeng kalo lihat rumus, hehehehehe.....

Rumus Hitung CC Mesin dan Perbandingan Kompresi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia