Cara Memperbaiki dan Mengakali Drek Laher Kopling

Mechanic Onlines - Cara Memperbaiki dan Mengakali Drek Laher Kopling - drek laher atau biasa disebut juga laher pendorong kopling (Clutch Release Bearing) adalah laher atau Bearing yang bekerja untuk mendorong lidah matahari (clutch cover) ketika pedal kopling di injak. posisi laher ini terletak di dalam rangkaian kopling dan dekrup di dalam blok transmisi. 

 Apabila komponen ini ( drek laher / Clutch Release Bearing ) rusak atau mengalami gejala aus, ketika anda menginjak pedal kopling akan terdengan bunyi berisik di seputar transmisi. jika dibiarkan ini akan membuat lidah matahari atau lidah clutch cover habis terkikis akibat laher macet. untuk memperbaikinya tentu anda harus menggantinya. namun kerusakan pada drek laher ini bukan hanya laher macet. namun diawali dengan laher kering karena gemuk atau grease sudah kering. nah ini hanya akan menghasilkan bunyi berisik saja. untuk memperbaikinya anda bisa mengganti atau ikuti langkah berikut untuk mengakalinya.

Cara Memperbaiki dan Mengakali Drek Laher Kopling

Akan mudah untuk menggantinya jika anda di daerah perkotaan. tapi jika kendaraan anda berada di perkampungan/daerah yang jauh dari kota dan disana tidak ada yang jual spare part untuk mobil anda, akan sangat menyulitkan anda. makanya solusinya dengan mensiasati atau mengakali.

ada satu cara untuk memperbaiki kerusakan drek laher (Clutch Release Bearing) ini.

caranya :

"tentunya anda harus menurunkan persneling dulu untuk membuka drek laher (Clutch Release Bearing) ini karena letaknya berada di belakang kopling"

untuk memperbaiki drek laher (Clutch Release Bearing) dalam kondisi darurat, anda bisa merebus gemuk/stempet. ya, sama seperti merebus air. kemudian masukan drek laher (Clutch Release Bearing) . setelah dirasa cukup meresap. angkat panci atau wadah perebusan, dinginkan tanpa mengambil drek laher (Clutch Release Bearing) dari stempet/gemuk yang mencair.

Nah selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Cara Memperbaiki dan Mengakali Drek Laher Kopling Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia