Tips Membeli Kendaraan "Sepeda Motor Bekas"

Mechanic Onlines - Tips Membeli Kendaraan "Sepeda Motor Bekas" - Memiliki kendaraan idaman memang hal yang pasti ada di setiap benak manusia. tak hanya kendaraan baru, namun kendaraan yang sudah tak lagi dijual dalam keadaan baru seperti motor jadul pun pasti ada yang berminat. bagaimana cara membeli motor bekas atau second agar mendapatkan kendaraan yang dalam kondisi baik dan tidak tertipu. nah berikut ada tips menarik nih.

Tips Membeli Kendaraan "Sepeda Motor Bekas"


Tips Membeli Kendaraan "Sepeda Motor Bekas"

  • Teliti Harga Di Pasaran

Teliti harga motor di pasaran terlebih dulu baik dari koran, majalah atau barangkali dapat juga dari menu pabrikan di website online penjual motor. pastinya banyak bisa kita temukan referensinya.

  • Teliti No Mesin dan Rangka

Periksa dan cocokkan No Mesin dan Rangka dengan nomor rangka dan nomor mesin yang tercantum pada STNK dan BPKB. Bukan hanya mencocokan, namun pastikan juga dan cermati lebih jelas apakah nomor rangka & mesin motor yaitu asli serta bukan hanya ketokan kasar yang diketok ulang. untuk daerah jakarta, teliti nomor polisi ke sms service polisi. caranya : tulis : metro( spasi )nomor polisi. perumpamaan : metro b8118hj kirim ke 1717 atau untuk lokasi jawa timur, silahkan anda tulis : jawa timur l4444ly kirim ke 1717. anda dapat segera dikirimi balasannya.

  • Periksa Keadaan Kondisi Fisik Motor

periksa situasi bodi, spion, baut, serta lain sebagainya, apakah tampak banyak goresan, situasi retak maupun pecah. upayakan akan tambah baik bila seluruh yang melekat pada motor yaitu parts orisinil.

  • Teliti Oli Mesin

Ukur dan Lihat kondisi oli yang ada didalam mesin. yakinkan ukuran oli tidak terlalu berlebih dan kekentalan tidak terlalu kental, dikarenakan oli yang berlebih dan kental seperti oli untuk mesin diesel dapat bikin nada mesin jadi lebih halus,

  • Teliti Speedometer

Teliti speedometer bukan bekas dibongkar dan angka di speedometer bukan bekas dirubah. jika km yang sudah ditempuh oleh motor tersebut di atas 20. 000 km maka bisa dipastikan dapat sangat banyak komponen mesin yang dapat segera anda diganti. 

  •  Hidupkan dan coba Sepeda Motor

Hidupkan mesin motor tersebut, apakah dapat stationer atau langsam. motor yang sulit lansam dipastikan ada masalah pada mesin. yakinkan juga bahwa tak ada bunyi-bunyian yang kasar didalam mesin. dan kemudian coba bawa jalan sekitar minimal 500meter. kemudian apakah tidak terjadi kebocoran dan suara mesin berubah. karena dalam kondisi dingin bisa jadi mesin yang suara kasar pun terdengar halus.

  • Perpindahan Gigi Transmisi

Jika sukar mengoper gigi, bisa jadi ada masalah pada kanfas kopling dan jika slip, berarti kopling habis. cermati juga apakah ada bunyi gigi kopling nangis ketika jalan.

  • Rangka

Pastikan rangka dalam kondisi baik dan lurus. coba kendarai apakah motor enak dikendarai atau berat sebelah. atau bisa dilihat dari belakang ketika dibawa jalan.

  • Teliti Kelistrikan

Periksa juga kelistrikan serta lampu-lampu layaknya lampu motor depan, lampu sein, lampu rem belakang, klakson, lampu speedometer, atau elektrik stater motor. jika seluruh berperan atau hidup, bermakna tak ada rusaknya pada komponen serta situasi aki motor tak ada permasalahan.

  • Teliti kaki-kaki

kerjakan pengecekan pada situasi roda. bagaimana kelurusan pada roda depan dengan roda belakang, perihal ini untuk meyakinkan bahwa chasis atau rangka tidak membengkok, motor yang alami jatuh atau benturan keras dapat mengakibatkan kebengkokan pada chasis.

Ingat, teliti sebelum membeli akan membuat anda tidak menyesal di akhirnya.

Tips Membeli Kendaraan "Sepeda Motor Bekas" Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia