Cara Mengecek Sistem Pengisian Aki Mobil dan Motor

Mechanic Onlines - Cara Mengecek Sistem Pengisian Aki Mobil dan Motor - Kadang ketika kita mengalami aki kendaraan kita tidak kuat starter maka jangan dulu menyimpulkan bahwa aki kendaraan kita rusak. namun periksalah dahulu sistem pengisian aki pada kendaraan. bagaimana cara memeriksa sistem pengisian baik itu kiprok mati pada sepeda motor atau dinamo pengisian atau alternator rusak jika pada mobil. berikut ini caranya.

Cara Cek Kiprok Mati atau Alternator ( Dinamo Jalan ) Rusak

Cara Mengecek Sistem Pengisian Aki Mobil dan Motor

  • Cek Kiprok Pengisian Aki Motor
Cara Mengecek Sistem Pengisian Aki Mobil dan Motor


Jika pada sepeda motor, periksa apakah kiprok bekerja atau tidak caranya dengan mencabut kabel positif ( + ) aki pada saat mesin hidup, jika sepeda motor anda menggunakan CDI DC jika pengisian tidak bekerja maka mesin akan mati. dan jika mesin tetap hidup dan ketika kabel untuk ke positif aki digesek ke body ada percikan maka itu kiprok berfungsi. namun untuk mengecek tegangan harus menggunakan Avometer. 

 jika motor menggunakan CDI AC mesin akan tetap hidup meski sistem pengisian aki tidak bekerja. hal ini karena CDI AC menggunakan arus listrik yang terpisah dari sistem pengisian aki. untuk mengecek sistem pengisian buka kabel positif (+) aki hidupkan mesin gesekan kabel ke masa (body) jika ada percikan maka kiprok mengisi. namun untuk mengukur arus harus menggunakan Avometer.

Untuk memeriksa tegangan pada kiprok menggunakan Avometer, periksa dengan mengecek tegangan yang masuk ke battery menggunakan voltmeter / Avometer, dengan cara colokkan kabel positif Avo ke kutub (+) positif aki dan kabel negatif Avo ke kabel hijau atau ground alias kutub (-) negatif Aki, untuk kondisi normal, kondisi mesin mati tegangannya minimal 12 volt, kemudian pada saat motor menyala dan gas ditarik naik menjadi 13 volt lebih, maksimal di angka 15volt. apabila tegangan kurang atau lebih dari angka tersebut maka perlu dilakukan pengecekan ulang kiprok dan spull atau sistem pengisian secara menyeluruh.

  • Cek Dinamo Pengisian / Alternator Mobil.
Cara Mengecek Sistem Pengisian Aki Mobil dan Motor

Untuk mengecek dinamo pengisian pada mobil sangat mudah, ada beberapa cara, diantaranya.

1. ketika mesin hidup buka kabel positif aki. jika mesin mati maka dinamo tidak ngisi atau rusak dan jika mesin tetap hidup maka dinamo bekerja normal.

2. Ketika mesin hidup ambil obeng dan dengan hati-hati coba tempel di depan pully dinamo pengisian / alternator. jika dinamo normal atau ngisi maka akan ada daya magnet menyedot obeng dan jika rusak tidak mengisi maka tidak ada daya magnet.

Cara Mengecek Sistem Pengisian Aki Mobil dan Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia