Ciri Atau Tanda Pulser dan CDI Bermasalah, Rusak / Lemah


Mechanic Onlines - Perangkat elektronik atau Kelistrikan pada sepeda motor memang kebanyakan akan mengalami penurunan kinerja atau memberikan tanda-tanda atau signal jika mengalami kerusakan sebelum komponen tersebut mati. seperti halnya pada CDI dan juga Pulser. pada CDI dan Pulser biasa terjadi beberapa gejala berikut ini jika komponen tersebut rusak dan akan mati ( lemah ). apa saja ciri atau tanda CDI dan Pulser rusak, berikut dibawah ini.

Ciri Atau Tanda Pulser dan CDI Bermasalah, Rusak / Lemah

Ciri Atau Tanda Pulser dan CDI Bermasalah, Rusak / Lemah

Salah satu gejala CDI rusak atau akan mati, akan membuat mesin motor brebet ketika gas anda pelintir di putaran tinggi. gejalanya mirip busi yang akan mati. jika menemui kondisi ini, ganti dulu busi untuk memastikan. jika masih brebet, waspadailah Mungkin CDI lemah. jika anda punya teman memakai motor atau CDI dengan jenis yang sama tak ada salahnya anda coba pake CDI teman anda untuk memastikan.

untuk pulser yang lemah, gejalanya hampir sama dengan CDI mesin akan terasa endut2an atau juga brebet. sama dengan efek pada CDI rusak, tapi pada Pulser kadang terasa di putaran bawah juga atas. kalau ini solusi untuk mengeceknya agak ribet, anda bisa coba pinjam pulser sepeda motor yang sama, namun ini pasti harus bongkar blok magnet.

Tak ada salahnya memastikan dahulu sebelum mengganti baru. karena terkadang pada komponen elektrik, kerusakan susah dideteksi dari apa yang rusak. untuk yang lebih pasti ya coba dengan part yang sama. semoga bermanfaat.

Ciri Atau Tanda Pulser dan CDI Bermasalah, Rusak / Lemah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia