Tanda Cylinder Head Gasket / Paking Silinder Head Rusak

Mechanic Onlines - Tanda Cylinder Head Gasket / Paking Silinder Head Rusak - Cylinder Head Gasket atau paking kepala silinder adalah gasket atau paking yang terdapat di antara cylinder blok atau blok mesin dan kepala silinder atau Cylinder head. pada gasket ini mengalir cairan pendingin dan oli serata juga menahan kompresi, berat bukan kerja gasket yang satu ini. nah bagaimana yang akan terjadi jika Cylinder head gasket ini bocor atau rusak berikut ini tanda-tandanya.

Tanda Cylinder Head Gasket / Paking Silinder Head Rusak

Tanda Cylinder Head Gasket / Paking Silinder Head Rusak

Beberapa yang akan terjadi jika paking silinder head rusak atau bocor adalah berikut ini.

  • Mesin Panas ( Overheat )
Bisa mengakibatkan mesin panas ini terjadi jika kompresi bocor yang akan melintas ke saluran pendingin ( air radiator ) yang berada di sekeliling boring dan akan mengakibatkan pendinginan mesin menjadi terganggu.
  • Radiator atau selang radiator jebol.
Lanjutan dari point diatasm, karena kompresi bocor dan melintas masuk ke saluran cairan pendingin maka dipastikan akan ada tekanan udara di saluran sistem pendingin mesin.
  • Cairan radiator sering berkurang padahal tidak bocor dan tempat cadangan air radiator malah penuh.
Masih berkaitan dengan dua point diatas, jika terjadi ada tekanan di saluran pendingin, dan jika kondisi tutup radiator membuka karena tekanan maka air akan trdorong keluar ke tangki cadangan dan lanjut akan terbuang jika terus-terusan. maka cairan radiator akan sering berkurang dan tangki cadangan penuh.
  • Oli tercampur dengan air radiator yang akan mengakibatkan oli berwarna putih susu.
Ini bisa terjadi jika yang terjadi kebocoran adalah antara saluran cairan pendingin dan saluran oli mesin. yang bakal terjadi adalah oli mesin tercampur air atau bahkan sebaliknya yaitu air yang tercampur oli mesin.

Cara Mengecek Kerusakan Cylinder Head Gasket / Paking Silinder Head


  • Buka tutup radiator (lakukan saat keadaan mesin dingin) jika air kurang, tambahkan hingga penuh.
  •  kemudian start mesin dan anda perhatikan permukaan air pada radiator. 
  • jika saat mesin hidup bersamaan dengan itu air muncrat keluar, itu salah satu gejala tidak normal. dan jika saat mesin hidup dan anda tekan/tarik gas keluar gelembung udara dari air radiator, itu juga gejala tidak normal. jika radiator di tutup dan mesin didiarkan hidup untuk beberapa saat kemudian anda buka kembali tutup radiator dan ada tekanan udara keluar, itu juga gejala tidak normal. bisa dipastikan penyebabnya paking cylinder head rusak.
Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Tanda Cylinder Head Gasket / Paking Silinder Head Rusak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia