Efek Penggunaan Premium Pada Mesin Injeksi dan Kompresi Tinggi

Mechanic Onlines - Penggunaan BBM atau bensin pada mesin sepeda motor dan mobil itu bukan asal bahan bakar, namun melalui pengukuran. apanya yang diukur, yaitu perbandingan kompresi. Perbandingan kompresi adalah perbandingan ruang yang tercipta di atas piston ketika berada di titik terendah atau bawah (TMB) dan tertinggi atau titik mati atas (TMA). Untuk meningkatkan efisiensi dan menurunkan kadar emisi, mesin modern dibuat dengan perbandingan kompresi tinggi. makanya ketika sebuah kendaraan merekomendasikan penggunaan bahan bakar tertentu, memang itu sudah melalui pengukuran.

Lalu bagaimana jika kita menggunakan premium yang diketahui nilai oktan nya rendah pada mesin yang menggunakan kompresi tinggi dan mesin injeksi. berikut ini selengkapnya.

Penggunaan Bahan Bakar Sesuai Ratio Kompresi

Efek Penggunaan Premium Pada Mesin Injeksi dan KompPeresi Tinggi

Sepintas tentang hubungan antara ratio kompresi dan nilai oktan bahan bakar. Bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar. dan jika digunakan pada mesin kompresi tinggi, Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang tinggi), yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Kita sering mendengar istilah “Ngelitik” (pinging/knocking). dan berikut nilai oktan sesuai ratio kompresi.

Efek Penggunaan Premium Pada Mesin Injeksi dan KompPeresi Tinggi

Untuk data ratio kompresi Mobil dan Motor lihat disini.

Efek Penggunaan Premium Pada Mesin Injeksi


Dan selain dari itu banyak yang menggunakan premium pada sepeda motor dan mobil injeksi, apakah efeknya jika menggunakan Premium pada mesin dengan sistem Injection atau EFI. berikut ini.

perbandingan kedua jenis bahan bakar antara Premium dan Pertamax hanya dibedakan pada kandungan oktan. Bahan bakar Pertamax lebih menjamin pembakaran yang sempurna karena zat adiktif didalamnya juga bisa membersihkan kotoran yang masuk. Sedangkan pada bahan bakar Premium, zat pembersih ini ditiadakan. Pada mesin injeksi, peninggalan kerak kotoran yang masih tersisa dapat menimbulkan penyumbatan. dan mengganggu sensor-sensor. Namun, bukan berarti motor bermesin injeksi memusuhi jenis bahan bakar premium, selama bahan bakar premium tersebut tidak terkontaminasi. karena, kerak kotoran juga bisa saja akibat dari kurang terawatnya filter udara.

Menggunakan Pertamax BBM Lebih Irit 50%


Lalu apakah dengan menggunakan Pertamax itu lebih irit, nah ini saya ada informasi dari beberapa sumber di internet, Dari pengujian yang pernah dilakukan terhadap kendaraan bermotor roda dua di Jakarta beberapa waktu yang lalu, penggunaan Pertamax dapat menghemat penggunaan bahan bakar hingga 50% persen. Selain itu, akselerasi kendaraan meningkat hingga 37 %.

Bagaimana cara mendapatkan efisiensi bahan bakar sebegitu besar? Rahasianya adalah pada setting waktu pembakaran sepeda motor. Mesin sepeda motor saat ini umumnya diset awal oleh pabrikan untuk menggunakan Pertamax agar performanya maksimal. (http://ekonomi.inilah.com/read/detail/1913389/cara-hemat-memilih-bbm#.VHdpSdKUcwZ)

Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Efek Penggunaan Premium Pada Mesin Injeksi dan Kompresi Tinggi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia