Penyebab Mesin Mobil Menjerit Saat Pakai AC dan Lampu

Mechanic Onlines - Pernahkah anda mengalami mesin mobil tiba-tiba menjerit ketika anda menggunakan AC atau menyalakan Lampu saat malam hari. biasanya bunyi jeritan ini nyaring dan bisa bikin anda kaget. sumber bunyi berasal dari area mesin bagian depan. ini diakibatkan olen Van Belt yang kendor atau juga sudah aus. Bunyi jeritan ini biasanya gak berlangsung lama. ketika anda injak gas kemudian biasanya juga hilang. namun jangan abaikan kondisi ini karena tentunya bukan tidak akan berdampak pada kendaraan anda namun bisa berakibat buruk.

Bunyi jeritan ketika menyalakan AC atau lampu memang diakibatkan oleh van belt ac atau  van belt dinamo kendor atau juga aus. nah jika van belt kendor, jika terjadi pada belt dinamo alternator biasanya ini terhubung dengan water pump jika kendor maka akan selip dan mengeluarka bunyi jeritan. akibat selip, tentunya bisa membuat pengisian menjadi sedikit terganggu karena pulley dinamo alternator tidak terputar sempurna. akibat selip juga bisa membuat van belt panas dan resikonya bisa putus.

Memperbaiki Mesin Mobil Menjerit Saat Pakai AC dan Lampu

Penyebab Mesin Mobil Menjerit Saat Pakai AC dan Lampu

Untuk memperbaiki bunyi jeritan pada mesin yang diakibatkan oleh van belt kendor, maka anda bisa menyetelnya. pada rangkaian van belt terdapat untuk setelan kerenggangan. umumnya untuk van belt dinamo jalan atau alternator di setel dari dinamonya bisa digeser. dan untuk AC, ada yang menggunakan pulley tambahan untuk mengatur kerenggangannya. untuk ukuran kekencangan tentunya juga jangan terlalu kencang karena bisa membuat laher-laher cepat habis. untuk kekencangannya yang penting gak kendor aja. atau pas. atau coba aja dulu jika masih bunyi menjerit kencangkan lagi. secara bertahap.

Dalam beberapa kasus bisa terjadi vanbelt tetap menjerit meski udah kencang. ini bisa diakibatkan oleh van belt yang udah keras. solusinya anda harus mengganti dengan yang baru. atau jika belum sempat, dan hanya ingin menghilangkan bunyi nya saja bisa olesi aja sedikit stempet. ingat hanya sedikit untuk biar basah. kalo kebanyakan maka akan selip. sama aja boong kalo gak bunyi tapi malah menambah masalah baru. hehehehe.

Untuk van belt yang masih kendor dan setelan udah mentok, maka itu van belt udah melar atau aus. segera ganti biar anda gak pusing dengan bunyi jeritan yang bisa bikin kaget pengguna jalan yang lain.

Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Penyebab Mesin Mobil Menjerit Saat Pakai AC dan Lampu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia