Cara Cek / Tes Pulser Motor Menggunakan Avometer

Mechanic Onlines - Kerusakan pada pulser dapat mengakibatkan motor brebet bahkan motor mogok alias mesinnya gak mau hidup. terkadang kita kesulitan dalam mengetes pulser ini, karena mengecek kondisi pulser tidak seperti mengecek kondisi CDI yang bisa dilihat dari arus yang keluarnya secara langsung di gesek ke massa. sebelum ke Cara Cek / Tes Pulser Motor, ada baiknya kita kembali ke belakang dulu dengan bahas apa sih pulser dan seperti apa cara kerjanya. Pulser itu secara simple nya adalah komponen pembaca sinyal (pulse) untuk penentu waktu pengapian, pulser biasanya terletak di bagian luar magnet menempel di crankcase (blok mesin) yang biasanya berada di sebelah kiri bagian mesin. bentuk pulser biasanya berbentuk kotak kecil berwarna hitam. Cara Kerjanya adalah Pulse atau sinyal yang dibaca pulser didapat dari tonjolan pada lingkar luar magnet (tonjolan ini disebut pick-up pulser). Putaran magnet yang mengikuti putaran kruk as menimbulkan singkronisasi antara gerakan naik turun piston (sesuai siklus mesin) dengan waktu pengapian. Nah sinyal dari pulser akan dibaca CDI dan CDI memerintahkan koil untuk melepas beban tegangannya menuju busi dan busi akan memercikkan api.

Dari penjelasan diatas maka sudah didapat bahwa beberapa komponen yang disebutkan diatas memiliki keterkaitan cara kerjanya antara satu dengan komponjen yang lainnya. bisa dipastikan jika pulser dalam kondisi tidak baik maka mesin bisa brebet dan jika tidak berfungsi total maka mesin bakal gak mau hidup. Jika kita mengalami mesin motor kita tak mau hidup, maka pemeriksaan awal tentunya tidak langsung ke pulser, melainkan diurut dari koil, jika koil mengeluarkan arus maka kemudian memeriksa busi. jika koil tidak mengeluarkan arus maka akan berlanjut memeriksa CDI. nah jika CDI masih tidak bekerja atau mengeluarkan arus maka pastinya selanjutnya memeriksa arus dari magnet dan pulser.

Cara Cek / Tes Pulser Motor Menggunakan Avometer


Memang untuk diagnosa tidak segampang barusan diatas, banyak yang bisa terjadi, contoh kita juga terkadang harus membarengi dengan pemeriksaan kabel body. nah langsung ke pokok bahasan, jika di indikasi pulser yang menjadi biang kerok permasalahannya, ada cara yang bisa anda lakukan untuk memeriksa atau mengetes kondisi pulser motor. alat yang digunakan adalah Avometer atau multitester atau apalah anda menyebutnya. penampakannya pada gambar. lanjut yuk kita ke Cara Cek / Tes Pulser Motor Menggunakan Avometer, selengkapnya cara ini saya dapat dari sumber "5osial.com" berikut ini.
Cara Cek / Tes Pulser Motor Menggunakan Avometer
sumber gambar : "5osial.com"
  • Pertama anda siapkan avometer
  • Kemudian set pada knop X10 
  • Colokkan probe merah dan hitam pada terminal pulser. \
  • Jika pulser dalam kondisi bagus dan Ok maka jarum pada avometer akan menunjuk pada angka 400ohm dan jika kurang dari itu ya ganti saja. Karna akan mbrebet2 saat dibleyer.
Nah mudah kan, memang ada juga alternatif lainnya untuk mengetes kondisi pulser yaitu pinjem pulser motor lain bisa punya temen atau nyari di bengkel yang punya cadangan pulser, hehehe. tapi tentunya cara yang cukup ribet kayaknya, tapi bisa juga anda gunakan. 

Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda. Lebih dan Kurangnya saya mohon maaf.

Cara Cek / Tes Pulser Motor Menggunakan Avometer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia