Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Sepeda Motor Bocor / Mati

Mechanic Onlines - Shockbreaker ( Sokbreker ) adalah komponen peredam kejut pada kaki-kaki kendaraan yang dalam hal ini Sepeda Motor. di dalamnya terdapat oli sokbreker dan klep yang berfungsi untuk meredam kejut pada kaki sepeda motor. saat Shockbreaker ( Sokbreker ) kondisinya tidak lagi normal bisa membuat kendaraan tidak enak dibawa manuver atau jalan apalagi jika menginjak jalan yang kondisinya tidak mulus atau berlubang. biasanya oli sobreker sudah encer atau juga habis akibat kebocoran yang terjadi pada seal soknya.

Khusus untuk Shockbreaker ( Sokbreker ) depan, jika terjadi kebocoran maka anda bisa memperbaikinya dengan cara mengganti sil dan mengisi kembali oli pada sok depan motor anda. nah bagaimana cara mengganti seal shockbreaker depan ini atau bagaimana cara mengganti oli sok depan. berikut ini saya ulas lengkap. Langsung saja kita baca dibawah ini bro.

Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Sepeda Motor Bocor / Mati

Untuk mengganti oli shockbreaker atau sok depan sepeda motor, dan jika anda mau mencobanya sendiri di garasi anda tanpa membawanya ke bengkel, berikut ini saya kasih caranya. 

Tahap Membongkar Shockbreaker Depan :

Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Sepeda Motor Bocor / Mati
  • Yang pertama anda harus copot roda depan sepeda motor.
  • Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mencopot spakbor.
  • Lalu kendurkan dulu " baut L " yang letaknya di bagian bawah shock breaker. buat nahan, pakai as roda untuk nahan saat mengendurkan.

  • Selanjutnya jika tutup shockbreaker atas pakai baut, maka kendurkan dulu. jika bukan baut (bebek, matic), nanti setelah sok dilepas cara melepas tutup atasnya tekan kebawah dan akan ada ring kawat penguncinya. tinggal congkel aja.
  • Lanjut kendurkan dan buka baut segitiga dan copot sokbreaker. jika keras bisa sedikit congkel segitiga pakai obeng min.
  • Buka "baut L" yang tadi sudah dikendurkan dan copot/tarik bottom, awas oli nya tumpah siapkan wadah buat oli bekasnya.
  • Buka penutup atas nya. dan lanjut step selanjutnya untuk pembersihan dan pemeriksaan.

Tahap Pembersihan dan Pemeriksaan Shockbreaker Depan :

  • Bersihkan seluruh komponen yang dibongkar bisa pakai bensin.
  • Untuk bagian karet seal jika dibersihkan pakai bensin jangan terlalu lama dan langsung dicuci pakai air sabun.
  • Lanjut ke pemeriksaan. jika oli bocor, maka ganti oil seal dan juga periksa kondisi as halu-halu sokbreaker. jika baret maka anda harus menggantinya.
  • Jika tadinya hanya mati saja (ganti oli aja) cukup periksa kondisi oil seal jika masih elastis dan tidak cacat tidak usah diganti.

Tahap Perakitan Shockbreaker Depan :

  • Rakit kembali semua seperti saat anda belum membongkarnya kecuali per sok dan tutup atasnya.
  • Isikan oli khusus shockbrekaer sesuai takaran yang direkomendasikan atau anda sesuaikan. data takaran volume oli sok depan bisa anda lihat di Data Volume Oli Sok Depan Motor.
  • Lanjut Pasang tutup sok atasnya dan pasang sokbreker ke segitiga dan pasang spakbor serta roda.
Caranya mudah kan, sebetulnya jika dilihat dari penjelasan diatas agak rumit, tapi sebetulnya mudah kok buat melakukan Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Sepeda Motor Bocor / Mati sendiri. yang sulit itu jika anda harus mengganti seal sokbrekernya karena jika belum pernah diganti suka agak keras. dan untuk takarannya lihat di link sudah saya kasih diatas. semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Sepeda Motor Bocor / Mati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia