Jenis Cairan Pendingin Radiator Coolant

15 April 2014 | Category Mesin, MOBIL, MOTOR, Perawatan Berkala

Radiator Coolant – Jenis Cairan Pendingin Radiator Coolant – Air Radiator atau Cairan Pendingin Radiator di pasaran itu banyak macamnya, jaman dulu mungkin yang lebih umum dan banyak dipakai adalah air ledeng atau air sumur. namun air sumur atau ledeng ini cenderung menimbulkan kerak dan karat yang pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan dan tersumbat. nah, jaman sekarang ini banyak jenis dari cairan pendingin radiator ( Radiator Coolant ) nah yang manakah yang bagus untuk anda pakai. bisa anda simak berikut ini.

Jenis Cairan Pendingin Radiator Coolant

Jenis Cairan Pendingin Radiator Coolant

Jenis Cairan Pendingin Radiator Coolant

Agar sistem pendingin mesin dapat bekerja secara maksimal dan awet, maka disamping perawatan berkala yang harus dilakukan seperti dengan melakukan pengurasan radiator, jenis cairan yang ditampung didalam radiator untuk didinginkan dan bersirkulasi pun tidak boleh sembarangan.  berikut beberapa Cairan pendingin yang beredar di pasaran.

  • Air Ledeng (Aqua)

Air ledeng biasa setelah dilakukan tes titik didihnya relatif rendah, memakai air ledeng biasa sebagai air pengisi radiator daya pendinginnya tidak cukup baik karena titik didihnya relatif rendah. Belum lagi timbulnya buih yang nantinya memperbesar kemungkinan terjadinya karat dan korosi. Keuntungan pemakaian air biasa adalah dari segi ekonomi, karena tak perlu membeli.

  • Radiator Coolant (Top1)

Cairan pendingin ini cukup praktis karena tak perlu mencampur dengan air atau mengencerkan lagi. setelah diuji tanpa menggunakan pengencer / murni. Dilihat dari tabel Thexton Radiator Coolant ini mampu menahan panas sebelum mendidih pada suhu 245ºF (118ºC). kekuranganya adalah setiap 1 kemasanya hanya 1 US galon (1 US galon=3,785 liter), harga per galon Rp 23.900,-. dan satu galon tidak cukup untuk mengisi radiator yang berukuran agak besar. setidaknya kita buruh dua galon.

  • Radiator Super Coolant (Prestone)

berbeda dengan merek yang di atas, yang ini pada petunjuknya perlu dicampur air biasa dengan komposisi 50:50. setelah di tes pengisi radiator ini mampu menahan panas sebelum mendidih pada suhu 265ºF (130ºC). tersedia isi kemasannya 1 liter dengan harga Rp26.700,- 

  •  Antifreeze & Coolant Protection (Peak)

Pada tabel kemasan produk ini ada beberapa komposisi pengenceran yang di sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan dimana kita berada. dan Untuk daerah tropis dianjurkan menggunakan komposisi 50:50. setelah di tes mampu menahan panas sebelum mendidih pada suhu 262ºF (128ºC). Harga 1 kemasan (1US galon) adalah Rp100.000,-. (http://fatmylove.blogspot.com/2013/01/tips-memilih-radiator-coolant-untuk.html)

Sebetulnya masih banyak lagi keunggulan dan kelebihan lainnya dari produk-produk di atas, diantaranya anti karat, proteksi terhadap seal dan lainnya. namun tadi hanya membahas mengenai titik didihnya saja. sekian tentang Jenis Cairan Pendingin Radiator Coolant semoga bermanfaat.

Kata Pencarian Artikel Ini:

air radiator top1 cocok ga di pake motor matic, cairan pendingin radiator, jenis cairan pendingin, radiator coolant yang bagus untuk motor, jenis2 cairan pendingin, jenis-jenis cairan pendingin, jenis coolant radiator, jenis coolant engine, jenis cairan pendingin motor, jenis air eadiator, cairan radiator, Cairan pendingin mobil, cairan pendingin coolant, air radiator yang paling bagus untuk motor, air radiator yang bagus untuk motor

Jenis Cairan Pendingin Radiator Coolant | dedi kurnia | 4.5